Minggu, 01 April 2012

Beda Ikhlas & Ridho

Definisi Ar-Ridho ?
Ar-Ridho adalah hasil dari cinta mukmin kepada Allah.
Cinta berarti menerima semua keinginan dan tuntutan dari yang dicintainya (Allah).
*Sahabat telah diridhoi oleh Allah karena mereka pun telah ridho dengan segala ketetapan Allah. (98:8)
* Kata kunci : Allah ridho dengan kita, jika kita ridho dengan Allah…
Q.2:207




Terhadap apa kita Ridho ?

1.Bina (Ridho terhadap apa yang terjadi pada diri kita)
2. Bil kauni (Ridho terhadap apa yang berlaku pada alam semesta)
3. Minna (Ridho terhadap apa yang dituntut dari kita)

Definisi Ikhlas

Ikhlas adalah : melakukan amal perbuatan yang ditujukan hanya kepada Allah secara murni atau tidak mengharapkan imbalan dari orang lain. 
Perbuatan ikhlas dibarengi pula dengan keyakinan atas perbuatannya dan tidak memiliki keinginan untuk menarik kembali apa yang telah ia lakukan. Atau dengan kata lain berniat lahiriah dan batiniah.

Bandingkan!!!
• Ridho => Buah dari adanya rasa cinta (Respon thd pemberian-Nya) => melahirkan kerelaan thd apa yang dikehendaki Allah SWT atas dan dari diri kita => niat hati saat menerima sesuatu baik kebaikan maupun ujian dari Alloh swt
• Ikhlas => Melaksanakan amal (motivasi & tujuan) karena Allah SWT => niat hati ketika memberi sesuatu baik kepada manusia maupun ketika beramal di jalan Alloh
• Syukur  => menerima apa yang Alloh berikan (harta, kesehatan, apapun) dengan ikhlas sebagai sarana ibadah untuk lebih mencintai Alloh
* Sabar =>  menahan diri dari keinginan kita, keinginan kita berbeda dg yg terjadi dan kita menahan diri dan tabah.

Jadiiiiii

1.Ikhlas setingkat diatas sabar, ia rela dg yg terjadi, bukan lagi menahan diri tapi rela dg ketentuan Allah swt tanpa risau dan sedih.
2.Ridho setingkat diatas ikhlas, yaitu rela dan gembira dg sepenuh hati, kehendaknya disesuaikan dg yg dikehendaki Allah swt, dan penuh keyakinan bahwa Allah swt Maha Baik dan memilihkan yg terbaik untuknya tanpa menginginkan lagi apa yg sebelumnya ia inginkan.
3.diatas ini ada lagi satu tingkatan, yaitu Mahabbah, yaitu cinta. cinta dengan semua keputusan Allah swt dan ini adalah derajat tertinggi, orang orang yg cinta pada Allah dan dicintai Allah swt.
Sabar => Ikhlas => Ridho => Cinta
Ridho = Sabar + Syukur 

Q.S. 13:22. Dan orang-orang yang sabar karena mencari keridaan Tuhannya, mendirikan salat, dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka, secara sembunyi atau terang-terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan; orang-orang itulah yang mendapat tempat kesudahan (yang baik)

Q.S. 2:152. Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.
Q.S. 16:78. Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatu pun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur.

Allah berfirman tentang setiap amal yang dimaksudkan untuk selainNya sebagai amal yang sia-sia (QS. 24: 23).
 "Sesungguhnya Allah tidak melihat kepada jasad dan rupa kalian, tetapi Dia melihat kepada hati kalian (niat dan keikhlasan” (HR Muslim). 


1 komentar:

  1. Ikhlas dan Ridha diambil dari bahasa arab, ikhlas adalah RELA dan ridha adalah RESTU, dengan kata lain ikhlas itu menerima dengan tulus dan ridha itu memberi dengan tulus

    BalasHapus